contact
Test Drive Blog
twitter
rss feed
blog entries
log in

Sabtu, 16 Agustus 2014
               
               Sudah berapa tahunkah Indonesia merdeka?
            Pertanyaan yang bisa kita jawab dengan sangat mudah. Namun akan menjadi sulit ketika yang ditanya adalah “apa yang sudah kita sumbangkan atas kemerdekaan yang selama ini kita nikmati?”
Kita kerap bertanya-tanya “Benarkah Indonesia sudah merdeka?” Pertanyaan itupun sepertinya sangat bersinergi dengan keadaan negeri Nyiur Melambai ini. Kita seakan menjadi asing, menjadi orang asing di negeri kita sendiri. Kita juga sering bertanya “Sudahkah negeri ini mencapai tujuan kemerdekaannya?”
Kita tahu bagaimana tujuan-tujuan kemerdekaan yang dicita-citakan oleh tokoh-tokoh dahulu diimplementasikan oleh tokoh-tokoh saat ini.
            Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), “merdeka” diartikan sebagai keadaan berdiri sendiri (bebas dari penjajahan, penghambaan, dsb.)
Jadi, apabila kita mengatakan bahwa Indonesia adalah negara yang merdeka, maka satu hal yang harus kita pastikan adalah, kita tidak lagi menjadi budak, hamba, jajahan, atau apapun namanya, bagi negara lain. Kita mesti menjadi tuan di tanah kita sendiri dan berdiri dengan kaki kita sendiri.
            Kita adalah bangsa yang dianugerahkan oleh Tuhan berupa jajaran pulau-pulau dari barat sampai timur, dari Sabang sampai Merauke, yang kesetiap pulaunya diberikan rahmat dan cinta-Nya kepada segenap bangsa Indonesia.
Kita disebut sebagai zamrudnya khatulistiwa, sebagai daya tarik bagi setiap raja kelana, sebagai magnet bagi siapapun yang bersaksi atas kecantikan tanah ini dan sebagai apa saja yang disebut, disamakan ataupun diserupakan dengan keindahan. Tapi apa arti semua itu kalau kita belum memanfaatkan kemerdekaan yang sudah ada ini?
            Apa artinya merdeka kalau kita hanya terus-terusan berharap kepada Pertiwi agar selalu memberikan kekayaannya kepada kita? Apa artinya merdeka kalau kita hanya selalu berharap, berharap dan berharap pada negeri ini? Apa artinya merdeka kalau hanya sekedar seremonial setiap hari Senin atau setiap 17 Agustus? Apa artinya merdeka kalau kita terus-terusan mengeluh pada pemimpin negeri ini? Apa artinya merdeka kalau kita jumawa hanya karena bangsa lain memuji kita? Apa artinya merdeka kalau kita hanya berharap kemunculan seseorang yang dapat merubah keadaan?
Apa artinya merdeka? Apa artinya merdeka? Dan apa artinya merdeka?

“Tidak seorangpun yang menghitung-hitung berapa untung yang kudapat nanti dari Republik Ini, jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya”
-Ir. Soekarno-

“Jatuh bangunnya negara ini, sangat bergantung dari bangsa ini sendiri. Makin pudar persatuan dan kepedulian, Indonesia hanyalah sekedar nama dan gambar seuntaian pulau di peta”
-Drs. Mohammad Hatta-


---------------------------------------------------------------------------------------------------



| Free Bussines? |

2

2 komentar:

  • Anonim on 18 Oktober 2014 pukul 05.30

    Tulisan yang bagus dan inspiratif. Memang benar, selama ini kesalahan kita hanya terus-terusan berharap tanpa ada tindakan

  • Soni Indrayana on 18 Oktober 2014 pukul 05.53

    :) semoga bermanfaat bagi kita semua :)

  • Posting Komentar

    Diberdayakan oleh Blogger.
    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
    "Berkaryalah dengan kesepuluh jari di tanganmu" -Syna-

    Label

    Artikel (46) Cerpen (49) Inspirasi (35) Sajak (29)

    Followers

    About Me

    Foto Saya
    Soni Indrayana
    Lihat profil lengkapku

    Total Pageviews

    Entri Populer

    Selamat Datang Di SONI BLOG

    Selamat datang di Blog saya, semoga saja kalian bisa mendapatkan apa yang kalian butuhkan diblog saya ini. Terima kasih Telah Berkunjung Di Blog saya,apabila berkenan silahkan berkomentar dan follow blog saya,mari kita saling berbagi ilmu tentang apa saja...

    Sekilas tentang penulis

    Nama saya Soni Indrayana, Saya Hanya seorang pelajar yang akan terus Belajar.

    Social Stuff

    • RSS
    • Twitter
    • Facebook
    • HOME
    SONI