contact
Test Drive Blog
twitter
rss feed
blog entries
log in

Kamis, 24 Juli 2014

            “Lurus dan rapatkan shaf!”
            Seperti itulah kata-kata himbauan yang biasa diucapkan seorang imam sholat tatkala hendak memulai sholat berjamaah. Namun, apakah makmum telah mengikutinya atau hanya sekedar menganggap hal tersebut sebagai formalitas belaka dalam sholat berjamaah?


            Islam adalah agama yang sangat sempurna, mengatur hal mulai dari yang kecil hingga besar, dari bawah sampai ke atas, dan dari kanan sampai ke kiri. Tidak luput dalam aturan tersebut perihal meluruskan shaf dalam sholat berjamaah yang sepertinya adalah hal sepele. Perlu diketahui, Rasulullah SAW sangat menekankan pentingnya melurus dan merapatkan shaf, bahkan Rasulullah mengancam akan timbul perselisihan dan perpecahan apabila umatnya sholat berjamaah dalam shaf yang renggang.

            Nabi Muhammad bersabda ”Hai hamba-hamba Allah, kalian benar-benar meluruskan shaf kalian (jika tidak) Allah akan (menimbulkan perselisihan) di antara wajah-wajah kalian.” (HR Muslim dan Ahmad).
Sudah jelas bukan? Kita harus jujur, masalah shaf adalah masalah yang sangat amat sering luput dalam perhatian umat saat ini, kita sholat berjamaah laksana sholat sendirian, tidak memerhatikan saudara-saudara di sisi kita. Bahkan ada beberapa orang, ketika saudaranya berusaha merapatkan kaki, ia menjauhkan kakinya. Padahal hikmah sholat berjamaah tidak hanya sekedar sholat bersama, melainkan adanya proses penguatan dalam persaudaraan.

            Mungkinkah hal ini yang menyebabkan umat Islam terpecah? Sederhana, bagaimana mau menyatukan ratusan juta umat Islam kalau untuk menyatukan shaf dalam sholat saja belum bisa? Shaf yang benar adalah cerminan dari kekuatan umat.
            Dalam hadits diatas, sudah jelas bahwa salah satu biang keladi perpecahan adalah shaf yang tidak lurus dan rapat.  Dan nukankah setan sangat bahagia ketika ia berhasil memecah belah suatu umat?
رُصُّوا صُفُوفَكُمْ وَقَارِبُوا بَيْنَهَا وَحَاذُوا بِالْأَعْنَاقِ
فَوَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ إِنِّي لَأَرَى الشَّيْطَانَ
يَدْخُلُ مِنْ خَلَلِ الصَّفِّ كَأَنَّهَا الْحَذَفُ

“Rapatkanlah shaf-shaf kalian, saling berdekatanlah, dan luruskanlah dengan leher-leher (kalian), karena demi Dzat yang jiwaku berada di dalam genggamannya, sesungguhnya aku melihat setan masuk dari celah-celah shaf seakan-akan dia adalah kambing kecil.” (HR Abu Dawud)
Perbandingan Shaf yang benar dan yang salah
            Kalau kita perhatikan shaf-shaf yang tidak benar, bukankah itu bukti bahwa sudah sangat banyak setan yang menyelinap dan berdiri bersama dalam sholat kita? Na’udzubillah. Padahal Allah telah berjanji bahwa sholat akan mendatangkan kebaikan berupa tercegah dari perbuatan yang keji dan mungkar sesuai yang tertera dalam QS. Al-Ankabut ayat 45.


         Allah akan merahmati siapa-siapa yang menyambung shaf, dan tidak akan memberikan rahmatnya pada orang yang memutuskan shaf.


سَوُّوا صُفُوفَكُمْ فَإِنَّ تَسْوِيَةَ الصُّفُوفِ مِنْ إِقَامَةِ الصَّلَاةِ
“Luruskanlah shaf kalian, karena meluruskan shaf termasuk tegaknya sholat.” 
(HR Bukhari)

سَوُّوا صُفُوفَكُمْ فَإِنَّ تَسْوِيَةَ الصُّفُوفِ مِنْ تَمَامِ الصَّلَاةِ
“Luruskanlah shaf kalian, karena meluruskan shaf termasuk kesempurnaan sholat.” 
(HR Ibnu Majah)

مَنْ وَصَلَ صَفًّا وَصَلَهُ اللَّهُ وَمَنْ قَطَعَ صَفًّا قَطَعَهُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ
“Barangsiapa menyambung suatu shaf, niscaya Allah menyambungnya (dengan rahmatNya). Dan barangsiapa yang memutuskan suatu shaf, niscaya Allah memutuskannya (dari rahmatNya).”
(HR An-Nasa’i)


“Wallahu a’lam bish shawab”



| Free Bussines? |

0

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"Berkaryalah dengan kesepuluh jari di tanganmu" -Syna-

Label

Artikel (46) Cerpen (49) Inspirasi (35) Sajak (29)

Followers

About Me

Foto Saya
Soni Indrayana
Lihat profil lengkapku

Total Pageviews

Entri Populer

Selamat Datang Di SONI BLOG

Selamat datang di Blog saya, semoga saja kalian bisa mendapatkan apa yang kalian butuhkan diblog saya ini. Terima kasih Telah Berkunjung Di Blog saya,apabila berkenan silahkan berkomentar dan follow blog saya,mari kita saling berbagi ilmu tentang apa saja...

Sekilas tentang penulis

Nama saya Soni Indrayana, Saya Hanya seorang pelajar yang akan terus Belajar.

Social Stuff

  • RSS
  • Twitter
  • Facebook
  • HOME
SONI