contact
Test Drive Blog
twitter
rss feed
blog entries
log in

Senin, 27 Januari 2014
http://www.qdc.co.id/
Perkembangan ilmu pengetahuan manusia menghasilkan berbagai inovasi baru dalam kehidupan. Gaya hidup, makanan, transportasi, komunikasi, kesehatan dan berbagai bidang kehidupan lainnya berkembang pesat dalam beberapa abad terakhir karena teknologi yang terus berkembang seiring dengan penemuan- penemuan inovasi baru.
Dalam bidang komunikasi, masyarakat sekarang mendapati adanya cara yang sangat praktis tanpa membutuhkan waktu lama. Kalau dahulu orang-orang butuh waktu berhari-hari untuk berkirim surat, kini dalam hitungan sepersekian detik, manusia sudah bisa berkomunikasi dengan mudah dan murah karena adanya perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi. Komputer yang awalnya digunakan untuk perlengkapan militer kini telah menjadi multifungsi yang tidak akan dapat dilepaskan dalam kehidupan setiap manusia.


Perkembangan teknologi yang begitu menakjubkan telah banyak memberi pengaruh bagi kehidupan. Nyaris tidak satu pun manusia di masa kini yang tidak bersinggungan dengan teknologi. Teknologi seperti sudah menjadi kebutuhan mutlak bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
Setiap perkembangan teknologi akan menyebabkan berbagai perubahan dalam masyarakat, baik dari segi gaya hidup hingga proses sosial. Kalau dahulu orang perlu bertemu dan bertatap muka untuk saling berbicara, maka semua itu kini tidak lagi menjadi mutlak karena teknologi telah membuat transformasi dalam proses hubungan manusia.
Zaman semakin maju, teknologi komunikasi telah memberi sokongan luar biasa untuk semua aspek kehidupan. Telepon genggam, yang dahulu diperuntukkan bagi mereka yang membutuhkan mobilitas tinggi dan kaum menengah ke atas yang butuh alat komunikasi praktis kini seperti telah menjadi kelengkapan wajib yang menyediakan berbagai fitur menarik nan memudahkan. Semua lapisan masyarakat memiliki Telepon genggam yang membuat mereka dengan mudah menghubungi kerabat di daerah manapun dengan cepat dan praktis.
Bagi kaum yang mempunyai kebutuhan lebih dan kemampuan ekonomi yang bagus, maka dibutuhkan telepon genggam dengan kelengkapan komplit yang tidak sekedar untuk menelepon dan bertukar pesan singkat. Koneksi internet menjadi sesuatu yang wajib dimiliki oleh telepon genggam, baik itu untuk kepentingan bisnis, atau pun hanya sekedar gaya-gayaan layaknya anak remaja masa kini yang melalui bergantung dan terkontaminasi teknologi.
sumber : http://dedihumas.bnn.go.id
Bagi mereka yang sudah hidup pada zaman sebelum kecanggihan teknologi informasi mewabah, pastilah akan sangat merasakan perubahan-perubaha sosial yang terjadi. Jika dulu orang-orang yang berkumpul saling bercerita dan bercengkrama satu sama lain, maka saat ini hal tersebut sudah sangat langka. Mereka yang berkumpul bersama lebih banyak disibukkan oleh telepon genggam mereka. Masing-masing memegang telepon genggam dan jari mereka sibuk dengan aktivitas diri sendiri, tanpa mempedulikan keadaan di sekelilingnya. Ada juga yang tetap sibuk dengan gadget-nya meski sedang berhadapan dengan orangtua atau orang yang sepatutnya dihormati dan disegani, sehingga sering diistilahkan “Yang jauh menjadi dekat, dan yang dekat menjadi jauh”.
Dengan kecanggihan teknologi tersebut, maka bermunculanlah situs-situs jejaring sosial seperti Friendster, Facebook, Twitter, Myspace, Path, Instagram, Skype dan masih banyak lagi, yang menawarkan interaksi via tulisan hingga suara dan gambar. Yang kesemuanya juga turut dipengaruhi oleh perkembangan teknologi telepon genggam.
Adanya situs jejaring sosial yang mendunia dengan cepat ini juga sangat berperan besar dalam perubahan sosial. Perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang teknologi terus mengembangkan teknologi perangkat lunak yang dapat mempercepat pemberitahuan dari situs jejaring sosial kepada pemilik akunnya, dalam hal ini tentu pemilik akun yang menggunakan telepon genggam cerdas atau smartphone, sehingga dapat dengan segera mengetahui informasi tersebut tanpa harus membuka browser telepon genggam, sehingga bagi mereka yang aktif menggunakan situs jejaring sosial, akan disibukkan dengan banyaknya pemberitahuan yang tentu membuat tangan mereka seakan tidak bisa lepas dari telepon genggam.
Situs jejaring sosial pun juga secara tidak langsung digunakan sebagai sarana memamerkan kepemilikan pribadi, seperti orang yang gemar memotret setiap makanan yang akan ia makan, barang yang ia beli, apa yang sedang dilakukan, atau selalu menulis lokasi dimana ia berada, tanpa mempertimbangkan guna atau manfaat bagi orang-orang yang membaca. Semua itu juga sebagai dampak dari perkembangan teknologi.
Aplikasi Short Message Servie atau yang lebih dikenal dengan SMS terasa semakin dan sangat lambat, sehingga berkembanglah aplikasi-aplikasi obrolan (chatting) seperti Yahoo! Messenger, Google Talk, Blackberry Messenger, Line, Whatsapp dan masih banyak lagi, yang kesemua itu dapat mempercepat pengiriman pesan, yang bahkan tidak sampai satu detik. Dengan begitu, mereka yang kecanduan chatting, tentu akan menjadi sangat sibuk karena telepon genggam mereka akan berbunyi setiap saat, tidak peduli dimana berada, sekalipun dalam sebuah forum.
Semua kecanggihan yang menyempitkan dunia itu secara tidak langsung telah membuat orang malas untuk saling berjabat tangan (baca: bertemu langsung), segalanya menjadi lebih praktis dan instan. Bisa kita bayangkan sekelompok orang yang berkumpul bersama tetap sibuk dengan gadget mereka, terlebih untuk yang dipisahkan oleh jarak. Ucapan selamat hari raya menggunakan pesan singkat pun seakan cukup untuk mengganti arti sebuah pertemuan (kontak dan komunikasi yang membentuk interaksi sosial). Perkembangan ini, tentunya ini tidak menjadi masalah dan justru membantu mereeka yang memang tidak bisa bertemu, namun bagaimana bagi yang dengan mudah dapat bertemu, akan sangat disayangkan.
http://www.panoramio.com/
Segala kecanggihan itu juga turut merubah proses sosial anak kecil. Anak-anak zaman sekarang lebih banyak yang sibuk dengan permainan yang ada dalam gadget, sehingga semakin terbatas interaksi sosial dengan teman- teman sebayanya, padahal, jika anak-anak tersebut berinterkasi atau bermain permainan dengan teman-teman yang nyata, dapat menyebabkan terciptanya interaksi sosial, maka diri mereka akan terlatih untuk memiliki sikap saling menghargai dan menghormati, saling mencintai, sportivitas, bertanggung jawab dan berkomitmen dalam hidup.

----

Itulah sebagian kecil dari banya perubahan yang terjadi. Kesemuanya itu merubah tatanan hidup manusia, terutama dalam melakukan interaksi sosial.
Jika dahulu setiap orang yang baru berkenalan akan bertanya “Dimana engkau tinggal?” maka kini semua itu seperti sudah basi. Orang-orang akan lebih banyak yang bertanya “Berapa PIN BB-mu?” atau “Apa Facebook atau Twitter mu?”. Tidak perlu lagi komputer atau warnet untuk mengoperasikannya, karena semua itu telah terintegrasi dalam alat bernama handphone.


-Soni Indrayana-


Diambil dari makalah penulis yang berjudul "Pengaruh Perkembangan Telepon Genggam terhadap Interaksi Sosial" yang digunakan sebagai tugas mata kuliah sosiologi.






| Free Bussines? |

0

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"Berkaryalah dengan kesepuluh jari di tanganmu" -Syna-

Label

Artikel (46) Cerpen (49) Inspirasi (35) Sajak (29)

Followers

About Me

Foto Saya
Soni Indrayana
Lihat profil lengkapku

Total Pageviews

Entri Populer

Selamat Datang Di SONI BLOG

Selamat datang di Blog saya, semoga saja kalian bisa mendapatkan apa yang kalian butuhkan diblog saya ini. Terima kasih Telah Berkunjung Di Blog saya,apabila berkenan silahkan berkomentar dan follow blog saya,mari kita saling berbagi ilmu tentang apa saja...

Sekilas tentang penulis

Nama saya Soni Indrayana, Saya Hanya seorang pelajar yang akan terus Belajar.

Social Stuff

  • RSS
  • Twitter
  • Facebook
  • HOME
SONI