contact
Test Drive Blog
twitter
rss feed
blog entries
log in

Rabu, 19 Oktober 2022

Suatu hari istri saya menyanyikan lagu tentang tomat untuk menghibur Masaki, anak kami yang masih berusia satu tahun. Masaki sangat tertarik dengan lagu itu, sampai dia merengek agar istri saya terus mengulangi lagunya. Perlahan-lahan, ia mengikuti lirik lagu itu meski hanya ujung-ujung kata.

Pada hari yang lainnya, Masaki mengulang-ulang kata “bua” yang entah apa artinya. Kami berpikir bahwa yang ia maksud adalah buah. Namun maksud dari kata “bua” itu adalah bola. Ia meminta bola, dan ingin bermain bola.

Ada banyak lagi momen Masaki menyebutkan banyak kosakata yang awalnya tidak kami mengerti. Kami mesti berkali-kali menyimak apa yang ia katakan untuk memahami maksud bahasa yang coba ia sampaikan. Butuh kesabaran memang, walau kami lakukan itu dengan senang hati.

Kalau dipikir-pikir, apa yang kami lakukan adalah pengulangan dari apa yang dilakukan oleh orangtua kami dahulu. Mereka pun pasti bingung dengan apa yang kami ucapkan ketika baru pertama kali belajar berbicara. Namun, mereka sabar memahami. Pun dengan kami sekarang, sabar dalam memahami anak.

Lalu seharusnya, apa yang kami rasakan hari ini dapat menjadi bahan refleksi untuk bersedia mendengarkan orangtua kami ketika berbicara. Bukan hanya kami, tetapi juga bagi seluruh anak. Bagaimana mungkin kita enggan memberi waktu walau sedikit untuk mendengarkan cerita orangtua kita, padahal dulu mereka dengan sabar mendengarkan celotehan kita yang tidak jelas pengucapannya?


| Free Bussines? |

0

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"Berkaryalah dengan kesepuluh jari di tanganmu" -Syna-

Label

Artikel (46) Cerpen (49) Inspirasi (35) Sajak (29)

Followers

About Me

Foto Saya
Soni Indrayana
Lihat profil lengkapku

Total Pageviews

Entri Populer

Selamat Datang Di SONI BLOG

Selamat datang di Blog saya, semoga saja kalian bisa mendapatkan apa yang kalian butuhkan diblog saya ini. Terima kasih Telah Berkunjung Di Blog saya,apabila berkenan silahkan berkomentar dan follow blog saya,mari kita saling berbagi ilmu tentang apa saja...

Sekilas tentang penulis

Nama saya Soni Indrayana, Saya Hanya seorang pelajar yang akan terus Belajar.

Social Stuff

  • RSS
  • Twitter
  • Facebook
  • HOME
SONI